26 Juli, 2009

Pelajaran - I

Mau belajar pe be, mesti mulai dari mana?

Kata ayah, "di mulai dari yang sederhana saja dulu, langsung ke studi kasus. Untuk pengetahuan lainnya seperti apa itu object, event-driven dan hal-hal konseptual lainnya, bersamaan saja sewaktu ada kasusnya. Nanti malah bingung dan terbebani."

Ya, sepakat. Jangan-jangan sewaktu mau membuat program, belum mengerti lingkungan kerjanya. Ya sudah, dimulai dari the most famous program in the world ! "Apa kabar dunia!", sambil menjelaskan VB-IDE -nya terlebih dahulu.

Baiklah, kita akan membuat aplikasi sederhana, yaitu menampilkan tulisan "Apa kabar dunia!" ketika form di-click. Ketika form di-click kembali, tulisan tersebut akan muncul kembali dengan ukuran yang lebih besar. Demikian seterusnya.

1. Buat direktori kerja untuk menyimpan PROJECT VB. Ya, aplikasi di VB disebut project.

2. Aktifkan VB dan pastikan memilih Standard EXE. Yang lainnya nanti kita bahas.



3. Object pertama pada Project VB adalah Form dengan nama form1. Anda bisa mengatur beberapa property dari Form melalui property window atau menuliskannya kodenya dalam program.


4. Berikutnya adalah menuliskan kode yang diperlukan ketika form di-click. Kejadian ketika form di-click disebut sebagai event click.

5. Tampilkan kode editor dengan mengklik icon "view code", pilih Form pada "List Object" yang ada di bagian atas editor, lalu dari "List Procedure" pilih Click. Lihat gambar.


6. Tuliskan kode yang diperlukan, seperti berikut ini:

Private Sub Form_Click()
--> Font.Bold = True
--> FontSize = CDbl(FontSize + 2.1)
--> FontName = "Arial"
--> Print "Apa kabar dunia!"
End Sub

7. Jalankan program dengan menklik icon "play" yang ada di toolbar.

8. Klik pada form beberapa kali dan amati efeknya.

3 komentar:

  1. Wah Adik Dzaky udah pinter... Kakak kalah tuh... Oh ya Adik Dzaky... Kakak mau nanya nih... Apa sih artinya CDbl(FontSize + 2.1) itu... Soalnya Kakak belum belajal ampe ke situ tuh... Ajalin Kakak ya... ^_^

    BalasHapus
  2. Fungsi CDBL digunakan untuk mengkonversi data VARIANT ke DOUBLE. Fungsi ini adalah bagian dari object VISUAL BASIC APPLICTION atau VBA. Dengan demikian bila ditulis lengkap menjadi VBA.CDBL

    Pernyataan FontSize = CDBL(FontSize + 2.1) dimaksudkan untuk menambahkan ukuran font sebesar 2.1 dari ukuran semula setiap form di klik.

    BalasHapus
  3. O... Gitu yah... Thank you Dik Dzaky... Kapan2 nanti Kakak ingin berkunjung ke rumah... Mau belajar VB ama Dzaky... ^_^

    BalasHapus